1. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Latihan mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan, sikap, dan
keterampilan
Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran IPA
Tujuan Kegiatan: Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang instrument penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajajaran IPA.
Buatlah
contoh instrumen penilaian sesuai format yang sudah disediakan.
a.
Penilaian Kompetensi Sikap Melalui Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Memahami dan menjelaskan keterkaitan struktur organ tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
struktur tersebut.
|
Instrumen:
Kategori penilaian indikator
Nilai
Observasi saat praktikum / Diskusi = ((kejujuran + ketelitian) x 10)
|
b.
PenilaianSikap melalui Penilaian Diri
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Peserta didik mampu membuat preparat sendiri dan membandingkan dengan
sumber referensi
|
Penilaian Diri Pada Saat Praktikum
Instrumen:
Topik : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Nama :
Kelas :
Beri tanda √ (ceklis) pada kolom yang tersedia
Keterangan
Ya = memiliki bobot skor 2
Tidak = memiliki bobot skor 1
|
c.
Penilaian Antar Peserta Didik
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Peserta didik mampu menunjukan sikap santun, disiplin dan aktif pada
pembelajaran
|
Instrumen:
Topik / Subtopik : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Nama yang ditilai : ......
Tanggal Penilaian : ............................
Penilai : .......................
-
Amati perilaku temanmu dengan cermat selama melakukan
presentasi hasil praktikum
-
Berikan tanda √ pada kolom yang tersedia sesuai
pengamatanmu
-
Serahkan hasil pengamatanmu pada gurumu
Keterangan :
Jika 1, 3, 5 jawaban kolomnya “Ya” maka skor masing-masing kolom nilainya
2 jika menjawab “tidak” maka skor masing-masing kolom 0
Jika 2, 4, 6 jawaban kolomnya “Tidak” maka skor masing-masing kolom
nilainya 2 jika menjawab “Ya” maka skor masing-masing kolom 0
|
d. Penilaian Sikap melalui Jurnal
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Peserta didik mampu menunjukan sikap santun, disiplin dan aktif pada
pembelajaran
|
Instrumen:
Nama Peserta Didik : Sinta
Kelas : VII
Aspek yang diamati : keaktifan, kedisiplinan dan
ketepatan menjawab pertanyaan
|
2. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. TesTulis
1) Soal Pilihan Ganda
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Memahami dan menjelaskan keterkaitan struktur organ tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
struktur tersebut.
|
Instrumen
|
2) Soal Uraian
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Memahami dan menjelaskan keterkaitan struktur organ tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
struktur tersebut.
|
Instrumen
|
b. Observasi Terhadap Diskusi/ Tanya Jawab
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Siswa mampu mengungkapkan gagasan yang orisinal, kebenaran konsep dan
ketepatan penggunaan istilah dalam menyampaikan struktur organ tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
struktur tersebut.
|
Instrumen
|
c. Penugasan
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan hasil presentasi diskusi pada susunan anatomi
daun.
|
Instrumen : format (tugas sesuai format), konten (sesuai
materi), desain(menarik, biasa)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / 1
Tahun Pelajaran : 2016 / 2017
Judul Tugas : Pelaporan Hasil diskusi praktikum
susunan anatomi jaringan epidermis daun.
Tujuan : peserta didik dapat merancang / merakit
rincian alat dan bahan praktikum, prosedur praktikum dan penyusunan laporan
praktikum pada praktikum susunan anatomi jaringan epidermis daun.
Ruang Lingkup :
Tugas dikumpulkan seminggu setelah proses
pelaksanaan diskusi.
Uraian Tugas :
1. buatlah rincian alat dan bahan, prosedur
praktikum, dan laporan hasil praktikum sebagai laporan ilmiah.
2. sertakan beberapa sumber pendukung (referensi
materi lain) sebagai perbandingan.
|
3. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a.
Penilaian Praktik
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan hasil presentasi diskusi pada susunan anatomi
daun.
|
Instrumen
Topik : Anatomi susunan
epidermis daun
SK : 2. Memahami sistem
dalam kehidupan tumbuhan
KD : 2.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Indikator : Siswa mampu membuat preparat irisan epidermis pada daun Rheodiscolor
LEMBAR
PENGAMATAN
Topik : Susunan anatomi
epidermis daun Rheodiscolor
Kelas : VIII-A
Rubrik Penilaian
|
b.
Penilaian Proyek
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan susunan anatomi daun.
|
Instrumen
Persiapan, pelaksanaan dan pelaporan
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Guru Pembimbing : Eka
Nurmayanti
Nama Proyek : Susunan Anatomi
Daun Nama : Sinta
Alokasi Waktu : 2 JP
Kelas : VIII
|
c.
Penilaian Produk
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan susunan anatomi daun.
|
Instrumen:
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Produk : Susunan Anatomi
Daun Nama Peserta Didik :
Sinta
Alokasi Waktu : 2 JP
Kelas :
VIII
|
d.
Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan hasil presentasi diskusi pada susunan anatomi
daun.
|
Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / 1
Tahun Pelajaran : 2016 / 2017
Judul Portofolio : Pelaporan merancang /
perakitan rincian alat dan bahan praktikum, prosedur praktikum dan penyusunan
laporan praktikum pada praktikum susunan anatomi jaringan epidermis daun.
Tujuan : peserta didik dapat merancang / merakit
rincian alat dan bahan praktikum, prosedur praktikum dan penyusunan laporan
praktikum pada praktikum susunan anatomi jaringan epidermis daun.
Ruang Lingkup :
Tugas dikumpulkan diakhir semester (seminggu
sebelum UAS) akumulasi dengan laporan praktikum lain yang dilaksanakan selama
semester 1.
Uraian Portofolio :
1. buatlah rincian alat dan bahan, prosedur praktikum,
dan laporan hasil praktikum sebagai laporan ilmiah.
2. sertakan beberapa sumber pendukung (referensi
materi lain) sebagai perbandingan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar